Selasa, 04 Oktober 2016

KELAS MAYA

Pembelajaran dengan memanfaatkan kelas maya (cyber class) merupakan sebuah upaya untuk mendorong pembelajaran yang dilaksanakan kapan saja dan dimana saja. Pembelajaran dalam kelas maya bukanlah menggantikan pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan bersama guru anda di kelas, tetapi dengan memanfaatkan kelas maya anda akan mendapatkan tambahan atau pengayaan (enrichment) materi yang akan melengkapi pembelajaran konversional. Dengan model pembelajaran seperti ini, anda akan mendorong untuk lebih aktif dan kreatif. Aktif dan kreatif mengandung pengertian bahwa dalam kelas maya anda diharapkan untuk mencari, membaca, dan memahami materi dari berbagi sumber belajar digital, di samping untuk menyimpulkan , mencipta, dan berbagi baik pengetahuan yang telah anda dapatkan maupun hasil karya yang telah anda buat kepada kawan- kawan anda. Anda juga diharapkan mampu untuk berdiskusi dan bekerja sama dalam kelompok secara virtual.

Pemanfaatan kelas maya
Dalam pembelajaran, teknologi dapat dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan pembelajaran, meningkatkan kecepatan belajar, dan meningkatkan efisiensi pembelajaran.
Ada 6(enam) potensi kunci dari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam rangka revolusi pembelajaran.
1.       Konektivitas- aksesterhadapberanekaragaminformasi ‘tersedia’ dalamskala global.
Selama anda memanfaatkan koneksi internet, anda akan mendapatkan informasi apapun yang tersedia dalam word wibe web (www). Dalam mencari informasi, anda juga tidak akan merasa kesulitan berkat bantuan mesin pencari seperti google atau bing.
2.       Fleksibilitas-belajar dapat dilaksanakan dimana saja dan kapan saja.
Dengan cara belajar yang terjadwal dalam kelas yang anda laksanakan selama ini (kelas konversional), guru adalah sumber belajar utama bagi anda. Akan tetapi dengan dengan kelas konversional yang perkaya dengan TIK, anda memiliki kebebasan dalam menentukan waktu yang tepat kapan anda belajar dan tempat anda belajar, selama anda dapat menggunakan komputer dan mengakses internet.
3.       Interaksi -evaluasi belajar dapat dilaksanakan seketika dan mandiri.                                                      
Dengan memanfaatkan TIK, anda dapat mengerjakan tugas, menjawab pertayaan, maupun mengerjakan ujian di manapun dan kapanpun anda inginkan. Dalam beberapa model ujian, anda juga dimungkinkan untuk mendapatkan hasil penilaian maupun umpan balik secara otomatis , sehingga anda tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasil penilaian ujian anda.
4.       Kolaborasi- penggunaan perangkat diskusi dapat mendukung pembelajaran kolaborasi di luar ruang kelas.
Dengan memanfaatkan internet, anda telah berada dalam sebuah jaringan yang luas. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan perangkat diskusi melalui internet, anda dapat berkomunikasi, berdiskusi, bertukar pendapat, baik mengenai sebuah ide, permasalahan, maupun solusi dengan rekan atau guru anda. Dengan perangkat ini anda juga dapat membuat kelompok belajar. Dalam kelompok ini anda akan.
5.       Peluang pengembangan- konten digital dapat terus-menerus di kembangkan sehingga dapat memperkaya pembelajaran dalam kelas konversional.
Dalam kelas konversional, anda dan guru harud berada dalam ruangan yang sama. Akan tetapi dengan memanfaatkan TIK, guru anda dapat memberikan instruksi dari tempat tertentu dan anda tetap dapat mengikuti instruksi guru anda tersebut walaupun anda berada di tempat yang berbeda.
6.       Motifasi-multimedia dapat membuat pembelajaran lebih menarik.
Dengan TIK, anda akan mendapatkan berbagi sumber belajar. Salah satu sumber belajar tersebut adalah video atau animasi yang menjelaskan konsep atau peristiwa tertentu. Dengan bantuan media ini, anda akan mendapatkan ilustrasi/gambaran yang lebih nyata dan dapat meningkatkan minat anda dalam belajar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar